Senin, 03 Januari 2011

Tugas Pertemuan 11


 WiMAX

Worldwide Interoperability for Microware Access ( WIMAX ) adalah Sebuah  sertifikasi untuk produk-produk yang telah lulus tes  cocok dan sesuai dengan standar Instute of Electrical and Electronic Engineering atau disingkat ( IEEE 802.16 ),atau merupakan teknologi akses nikrabel pita lebar ( boardband werless acesess atau kependekan dari BWA yang mempunyai kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. Teknologi BWA adalah nenek moyang dari WIMAX itu sendiri,sekarang Wimax hadir denagn fitur-fitur lebih menarik.Selain Wimax mempunyai kecepatan dat a yang tinggi,Wimax  juga membawa isu open standar.artinya perangkat Wimax diantara beberapa vendor yang berbeda tetap mampu dilakukan ( tidak proprietary ). Dengan kmampuan kecepatan data yang besar sampai 70 MBps.

            Wimax yang standar BWA yang saat ini umum diterima secara luas banyak orang adalah IEEE  seperti 802.15 untuk Personal Area Network yang disingkat ( PAN ),802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity atau yang sering kita sebut ( Wifi ),dan 802.16 untuk jaringan WiMAX.Dan sekarang telah dikembangkan pada jaringan selular yang bisa mengalirkan data Overlay dengan jaringan suara seprti GPRS,EDGE,WCDMA,dan HSDPA. Masing-masing perkembangan pada umumnya mengarahkan pada kemampuan menyediakan bebagai layanan baru atau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice,video dan data secara bersamaan ( triple paly ). Stategi perkembangan layananan boardband wireless dibedakan antara Mobile Network Operator ( MNO ) dan Boadband Provider ( BP ).

            Karena saat ini kita sedang membicarakan tentang Wimax,coba kita membedakan standar teknis perbedaan  WiMax  dengan Wifi adalah standar  teknis  yang bergabung didalamnya. WiMAX merupakan pengggabungan antar standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN. Sedangkan WiFi menggabungkan satandar IEEE  802.11 dgan ETSI HiperrLAN  sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN.  


Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar